Sabtu, 08 Juni 2013

Sail Komodo Dongkrak Wisata Kapal Layar

Dalam upaya pengembangan pariwisata laut, maka Kemenparekraf mendukung acara Indonesia Yacht Show 2013 yang akan memamerkan produk-produk kapal layar. “Pulau kita asa 17 ribu lebih, tapi laut kita hanya dilewati sekitar 600 kapal dalam satu tahun. Oleh karenaitu pemerintah sudah menyiapkan Keppres Nomor 79, tentang bagaimana kita harus mempermudah kapal-kapal layar masuk ke Indonesia,” papar Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Firmasyah Rahim, pada jumpa pers Indonesia Yacht Show 2013, Rabu (5/6), di Jakarta.

Hal-hal yang diperhatikan dalam mempermudah kapal layar wisata masuk ke Indonesia, adalah custom (pabean), immigration (imigrasi), quarantine (karantina) dan port (pelabuhan). Saat ini, Indonesia memiliki 18 pelabuhan yang dapat menjadi pintu masuk bagi wisatawan kapal layar berkunjung ke Indonesia. Dalam mengembangkan wisata kapal layar di Indonesia, telah diselenggarakan beberapa acara seperti Sail Banda, Sail Komodo, Sail Morotai dan lainnya, bahkan beberapa diantaranya merupakan kegiatan yang dilakukan secara internasional.

Firmansyah menjelaskan, wisatawan yang datang dengan kapal layar pada umumnya menghabiskan waktu sekitar tiga bulan untuk berdiam di satu negara, hal ini tentunya akan memiliki dampak ekonomi pada tempat-tempat yang mereka singgahi. “Kita tidak boleh mengabailkan wisata kapal layar ini, oleh sebab itu, bagaimana kapal layar dapat berkembang di Indonesia. Kita mengharapkan kalau ada orang asing yang datang menggunakan kapal layar, maka aka nada orang Indonesia juga tertarik pada kapal layar. Oleh karena itu, kita coba kenalkan melalui yacht show,” ungkap Firmansyah di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Menurut data, jumlah orang Indonesia yang memiliki kapal layar hanya sekitar 10 orang sedangkan lainnya lebih tertarik dengan kapal bermotor. Untuk menarik minat masyarakat Indonesia terhadap wisata kapal layar, Kemenparekraf mendukung kegiatan Indonesia Yacht Show 2013 yang merupakan pameran kapal layar pertama yang diselenggarakan di Indonesia oleh PT Mengawatt Indonesia Yacht Show 2013 akan melibatkan 15 perusahaan lokal dengan total peserta pameran mencapai 40 perusahaan. Pameran ini akan diselenggarakan pada 8 – 9 Juni 2013 di Batavia Marina-Sunda Kelapa yang masih masuk dalam kawasan kota tua Jakarta.

Sumber : Timor Express Jumat, 7 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar