Minggu, 09 Juni 2013

Pemerintah Kota Kupang Luncurkan Dana PEM

Hari Jumat (07/06) Pemerintah Kota Kupang resmi melaunching pemberian Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat( PEM). Acara peluncuruan Dana PEM berlangsung di Taman Nostalgia di Jalan Frans Seda, Kota Kupang.
Peluncuruan itu sebagai salah satu bukti dari janji yang telah dilontarkan dirinya bersama pasangan Wakil Walikota, Hermanus Man pada masa kampanye di tahun 2012 lalu.
Jonas Salean dalam sambutannya mengatakan, atas dasar visi dan misi untuk mewujudkan Kota Kupang sebagai Kota yang berbudaya, modern, dan produktif, Pemerintah Kota Kupang melakukan pelaunchingan dana PEM yang diberikan kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, atau LPM dari masing-masing kelurahan yang telah lolos Verifikasi.
Menurut Jonas, kebijakan pemberian untuk memberikan dana PEM dalam bentuk hibah melalui LPM masing-masing kelurahan, merupakan bentuk penerapan Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 2012 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau APBD untuk masyarakat yang harus diberikan melalui lembaga kemasyarakatan.
Dana PEM untuk tahun 2013 sendiri sebesar 15 Milliar Rupiah yang akan disalurkan kepada 50 Kelurahan di Kota Kupang yang telah melakukan verifikasi Proposal.
Namun, dari 50 kelurahan tersebut, hanya sebanyak 19 Kelurahan yang telah membuat Surat Keputusan Penetapan Dana PEM dengan jumlah sebanyak 1320 usaha dengan total dana sebesar 5 Milliar. Dan secara simbolis, sore tadi bertempat di Taman Nostalgia, Walikota Kupang menyerahkan kepada Enam Kelurahan, yaitu Kelurahan Oesapa Selatan, Nefonaek, Oebobo, Naikoten Satu, Batuplat, dan Kelurahan Naikolan.
Jonas mengharapkan agar program penghibahan dana PEM, dapat berjalan dengan baik di masyarakat dengan penuh tanggung jawab sesuai mekanisme yang berlaku, sehingga memberi nilai tambah untuk mewujudkan peningkatan pembangunan daerah, serta menjadi jawaban dari tuntutan pelayanan bagi masyarakat.
Sumber: nttonlinenow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar