Sabtu, 08 Juni 2013

Pendistribusian BBM di NTT Terhalang Cuaca Buruk

Kepala Operasional Terminal Bahan Bakar Minyak Tenau Kupang Yunus Matatula di Kupang, mengatakan pendistribusian BBM di wilayah Nusa Tenggara Timur masih terhalang cuaca buruk, sehingga beberapa daerah mengalami kelangkaan.

Dia mengatakan kondisi geografis Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari pulau-pulau merupakan kendala tersendiri dalam pendistribusian BBM untuk pemenuhan kebutuhan di daerah-daerah kepulaun pada saat kondisi cuaca buruk.

Disebutkan pelayanan penyaluran BBM oleh Pertamina untuk Nusa Tenggara Timur, selain untuk Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kupang, juga di sejumlah TBBM daerah masing-masing Ende, Maumere, Reo, Kalabahi, Atapupu dan TBBM Waingapu.

Dia mengatakan, dalam kondisi cuaca yang buruk, penyaluran BBM yang harus dilakukan melalui pelayaran, akan sangat terhambat dan terganggu.

Namun demikian, lanjut dia, penyaluran akan tetap dilakukan untuk menjaga terpenuhinya kebutuhan bahan bakar minyak warga di setiap daerah di wilayah provinsi kepuluan ini.

Dari aspek stok, menurutnya, sangat tersedia, namun akan sangat terkendala dalam penyelurannya, apalagi jika menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim.

Terminal BBM Tenau Kupang, kata Yunus, sebagai terminal suplai point yang akan menyalurkan BBM ke seluruh wilayah NTT yang terpusat di Terminal BBM Ende, Maumere, Reo, Kalabahi, Atapupu, Waingapu, dan ekspor ke luar negeri di wilayah Timor Leste.

Disebutkan Yunus, Terminal BBM Tenau Kupang memiliki satu unit dermaga dengan kapasitas 17.500 DWT, dengan sarana penunjang Marine Loading Arm (MLA), Breasthing Dolphin, Morring Pos, Morring Boy dan Speed Boat, jalur pipa penerimaan dan Rubber Hose.

Yunus berjanji pihaknya akan selalu memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di wilayah ini.

Disebutkannya, kapasitas tampung BBM di Terminal BBM Tenau Kupang yaitu, avtur sebanyak 18.000 kilo liter (KL), premium 21.000 KL, Minyak Tanah 5.500 KL, solar 25.000 KL dan Pertamax 600 KL.

"Sedangkan daerah layanan Terminal BBM Tenau Kupang menurut Yunus, yakni Kota Kupang 12 SPBU, Kabupaten Kupang tiga SPBU, Timor Tengah Selatan (TTS) tiga SPBU dan Timor Tengah Utara (TTU) dua SPBU," katanya.

Sumber: beritadaerah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar