Rabu, 29 Mei 2013

Menteri Pariwisata Tinjau Persiapan Sail Komodo 2013

Mari Pangestu mengunjungi Labuan Bajo untuk mengecek enam titik yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan acara puncak Sail Komodo, 14 September 2013 mendatang. Enam titik itu, yaitu Bandar Udara (Bandara) Komodo, Pusat Informasi Wisata di dua tempat berbeda, Lapangan Sepak Bola Labuan Bajo, Pantai Kampung Tengah dan Pantai Pede. Pengecekan di Bandara Komodo berupa mendengar penjelasan dari pengelola bandara sekaligus diskusi singkat tentang pengembangan bandara.

Setelah itu, menteri ke pusat informasi wisata yang terletak disamping Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mabar. Selanjutnya menteri dan rombongan menuju lapangan sepak bola yang digenangi air dan berlumpur. Lapangan itu direncanakan untuk membangun stand pameran Sail Komodo. Dari tempat itu, Mari Pangestu ke Pusat Informasi Wisata Komodo, lalu ke Pantai Kampung Tengah dan berakhir di Pantai Pede.

Di Pusat Informasi Wisata Komodo, Mari Pangestu meminta agar disiapkan informasi paket perjalanan wisata menuju Wae rebo di Kabupaten Manggarai. Dia juga meminta agar semua informasi terkait potensi wisata harus dibuatkan dalam bentuk website. ”Harus teraplikasi dalam web, sehingga misalnya kalau ada orang yang mau diving sudah ada. Minimal untuk informasi suadah ada web-nya,” kata Mari Pangestu yang terlihat santai saat melakukan pengecekan disejumlah titik tersebut.

Mari Pangestu beberapa kali mencari tahu keberadaan kelompok penenun yang berada di sekitar tempat pelaksanaan acara puncak Sail Komodo. Saat mengunjungi Pantai Kampung Tengah, Mari Pangestu meminta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Mabar, Theodorus Suardi, agar lokasi itu menjadi tempat untuk binaan kelompok pedagang kuliner. Sedangkan di Kampung Ujung untuk perajin batik.

”Kuliner itu lebih gampang dapat uangnya. Kalau saya disini lebih bagus untuk kuliner. Tetapi kita harus survey dulu. Karena kalau kita mau melatih orang, harus jelas orang dan bidangnya,”katanya. Disetiap tempat yang didatanginya, Mari Pangestu menghabiskan waktu antara lima menit sampai 45 menit. Didampingi oleh Asisten I Sekretariat Daerah Manggarai Barat, Benediktus Bani, dan sejumlah pejabat di Mabar.

Sumber : Pos Kupang Senin, 27 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar