Kamis, 30 Mei 2013

100 Sapi Ikut Kontes di Amarasi

Seratus ekor sapi pejantan dan betina ikut bagian dalam kontes sapi tingkat Kabupaten Kupang di Desa Ponain, Kecamatan Amarasi, sejak Sabtu (25/5/2013) hingga Rabu (29/5/2013). Kontes sapi ini diikuti 14 kecamatan dari total 24 kecamatan di Kabupaten Kupang.

Ada enam kategori yang diperlombakan dalam kontes sapi itu. Yaitu kategori sapi jantan bibit bali, kategori sapi betina bali, kategori sapi induk bali, kategori pejantan bali, kategori penggemukan bali jantan dan kategori penggemukan cross/silang.

"Dari total 100 ekor sapi peserta kontes, 24 ekor sapi berhak meraih penghargaan dan hadiah mencapai puluhan juta," kata Kadis Peternakan Kabupaten Kupang, Yakoba Ludjuara, Rabu siang.

Untuk kontes kategori sapi jantan bibit bali, keluar sebagai pemenang  sapi asal Kecamatan Fatuleu milik Ricky Loe. Disusul sapi milik Ruben Taebenu asal kecamatan Amaabi Oefeto Timur sebagai  dan sapi asal kecamatan Kupang Timur milik Angel Kapitan dan Marthen Tuka.

Sedangkan untuk kategori sapi bibit betina bali, sapi milik Jemrif Taebenu asal kecamatan Amabi Oefeto Timur keluar sebagai juara 1. Juara ke 2 dan ke 4 sapi dari kecamatan Amarasi Timur masing-masing milik Otniel Kanif dan Frindel Taebenu. Sementara sapi asal Kecamatan Kupang Timur milik Herman Markus keluar sebagai juara ke-3.

Untuk kategori sapi induk bali juara 1 direbut sapi asal Kupang Timur milik Apriwu, sedangkan untuk juara 2 dan 3 masing-masing diraih oleh sapi dari Kecamatan Amarasi milik Is Ataupah dan dari Kecamatan Amarasi Selatan milik Timotius Taneok. Sementara sapi dari Kecamatan Amarasi Barat milik Toni Mozes hanya meraih juara ketiga dalam kategori sapi induk Bali.

Untuk kategori  pejantan bali dari kecamatan Amarasi Timur keluar sebagai juara 1 sapi milik Dikson Pae dan juara ke 2 sapi dari kecamatan Fatuleu milik Esau E. Paut. Sedangkan untuk juara ke 3 dan 4 masing=masing direbut sapi dari kecamatan Amarasi milik Mordikat Seran dan sapi dari Kecamatan Kupang Timur milik Koni Markus.

Sedangkan kategori penggemukan bali jantan keluar sebagai juara 1 adalah sapi milik Okto Noti dari Kecamatan Amarasi dan juara kedua sapi milik Yosnan Nakmofa dari Kecamatan Taebenu, juara ke-3 sapi milik Nuel Kapitan dari Kecamatan Kupang Timur.

Untuk kontes kategori penggemukan cross/silang, sapi milik Shinta Lado dari Kecamatan Takari keluar sebagai juara 1 disusul sapi dari kecamatan Fatuleu milik Otniel Nuban sebagai juara ke 2, juara ke 3 sapi milik Defri Taebenu asal Kecamatan Amarasi. Dan juara ke 4 sapi milik Yohanis edon dari kecamatan kupang timur.

Sumber: kupang.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar